Aplikasi BIP alternatif pengganti layanan Whatsapp

Aplikasi chat BiP mendadak populer di dunia maya, setelah para pengguna WhatsApp mulai mencari alternatif lainnya. Pasalnya, semenjak WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi baru yang akan berlaku mulai 15 Mei 2021 mendatang.

Para pengguna Whatsapp memprotes dan memilih mencari alternatif aplikasi pesan instan lainnya. Alasan privasi menjadi isu yang mencuat karena pengguna diminta persetujuannya untuk membagikan sebagian datanya yang akan digunakan oleh Facebook untuk menampilkan iklan.

Aplikasi BIP menjadi salah satu alternatifnya, sebagai platform komunikasi yang aman dan mudah digunakan yang tersedia secara gratis. Aplikasi ini dikembangkan oleh operator seluler asal Turki, Turkcell, sejak tahun 2013. Secara fantasis pengguna baru bertambah menggunakan aplikasi BiP. Saat ini digunakan lebih dari 50 juta dan menduduki top 2 aplikasi komunikasi.

Beberapa fitur BIP

  • Dapat melakukan panggilan suara dan video, berbagi gambar, video, dan lokasi mereka dengan pengguna lain
  • Panggilan video grup hingga 10 orang dengan layanan kualitas video lebih baik
  • Grup chat yang dapat diisi hingga 1.000 orang dan berlangganan berbagai channel
  • Pengiriman foto dan video dapat dilakukan tanpa pengkompresan atau file sesusai ukurannya
  • Dapat menerjemahkan pesan ke lebih dari 100 bahasa
  • Berbagi opsi penyesuaian, seperti fitur dark theme
  • Fitur tambahan mulai dari konten hiburan hingga prakiraan cuaca berdasarkan lokasi pengguna

Semua data BiP disimpan di pusat data Turkcell di Istanbul dan seluruh komunikasi pesan pada BiP menggunakan enkripsi TLS. Tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses dan membaca pesan dengan melakukan intervensi dalam sistem. Aplikasi BiP ini bisa digunakan di smartphone Android maupun iPhone. 

Tags Kumparan Kompas Bisnis

Share Artikel:

Related Posts

Previous
Next Post »