Penyelenggaraan Pilkada di masa pandemi

Setelah DPR dan Pemerintah bersepakat untuk tetap menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 di 270 daerah se-Indonesia melalui Perppu No 2 Tahun 2020. Penyelenggaraan pilkada di masa pandemi Covid-19 tentunya memiliki tantangan secara teknis dan secara kualitas penyelenggaraannya dibandingkan penyelenggaraan saat normal.

Tantangan secara teknis seperti penyediaan alat pelindung diri (APD) petugas di lapangan serta penambahan tempat pemungutan suara dan petugasnya karena penerapan protokol kesehatan physical distancing. Implikasinya berupa kenaikan biaya pelaksanaan pilkada oleh penyelenggara. 

Sedangkan secara kualitas diantaranya berkaitan dengan partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan pilkada. Turunnya jumlah pemilih bisa diakibatkan karena kekhawatiran masyarakat akan risiko tinggi penularan Covid-19. Liputan 6.com pada tanggal 12 september 2020 memberitakan bahwa Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat dari 309 daerah yang mengikuti Pilkada 2020, sebanyak 45 kabupaten/kota masuk dalam zona merah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri sebenarnya sudah mengantisipasi jika pandemi Covid-19 tidak kunjung membaik saat pilkada pada 9 Desember 2020 dengan mengatur bagaimana tata cara penyelenggaran tahapan-tahapan pilkada di masa pandemi.

"Kami berharap apa yang sudah diatur dalam PKPU bisa dihormati, kemudian ditaati dan dilaksanakan oleh semua pihak di lapangan sehingga kemudian kita bisa mewujudkan pilkada yang demokratis dan para pihak juga terjaga kesehatan dan keselamatannya," kata Dewa kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Akhirnya dengan kondisi luar biasa ini, pihak penyelenggara dituntut untuk melakukan terobosan dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada. Sosialiasi penyampaian visi misi kandidat agar calon pemilih lebih mengenal dan menakar program kerjanya. Dan masalah klasik berupa praktik politik uang (money politic), dengan kondisi ekonomi masyarakat yang terdampak serius akibat pandemi Covid-19 yang seolah menemukan momentumnya


Sumber: Liputan6   Kompas  Kabar24

Share Artikel:

Related Posts

Previous
Next Post »