Beberapa tips kesehatan di masa pandemi

Luar biasa ujian masyarakat dunia di tahun 2020, dimulai dari ancaman virus yang kemudian menjalar ke berbagai sektor kehidupan. Indonesia tentu tak luput dari ancaman ini, negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang tinggi harus dapat bertahan melewatinya.

Berikut ini bebeapa tips yang saya ambil dari beberapa sumber untuk menjaga kesehatan fisik secara individu; 

1. batasi untuk mengkonsumsi karbohidrat karena ini sumber energi buat kuman termasuk virus.

2. puasa akan meningkatkan imunitas tubuh dan perbaikan sel-sel yang sudah rusak. Tips ini mungkin terasa mengingat sektor ekonomi mengalami goncangan, karena pandemi ini memicu pemutusan hubungan kerja yang berdampak daya beli masyarakat. Saling tolong menolong mencukupi kebutuhan dasar pangan tentu akan terasa juga manfaatnya. Upaya swa masyarakat untuk bertanam dan pembudidayaan ikan di rumah juga diharapkan bisa memperkuat ketahan pangan masyarakat. 

3. istirahat yang cukup jangan begadang, ingat begadang kalau ada gunanya kata bang haji Rhoma 😅. Istirahat yang tidak memadai karena begadang dapat menaikkan hormon kortisol yg akan membuat sel-sel tubuh rentan kerusakan dan hormon pertumbuhan tertekan akibatnya perbaikan sel akan terhambat

4. kelola stres karena adrenalin yang selalu tinggi akan meningkatkan gula darah dan dapat merusak sel

5. rutin meminum air putih secukupnya

6. berolahraga secara teratur akan meningkatkan sirkulasi darah, melancarkan pembuangan kotoran, meningkatkan growth hormon (hormon pertumbuhan) dan meningkatkan imunitas tubuh.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Share Artikel:

Related Posts

Previous
Next Post »